Loading images...

Makanan Sehat dari Kebun Bersama

Oxfam bersama lembaga swadaya setempat Kompak telah bekerjasama dalam Program Ketahanan Pangan melalui Promosi Pangan Lokal. Program berlangsung September 2014 hingga Maret 2015. Dalam program ini masyarakat membentuk kelompok berkebun bersama beranggotakan hingga 10 orang. Kelompok ini telah menuai panen beberapa kali yang berlokasi di Desa Kampung Yaro Makmur, Nabira, Papua.

Mari Berkebun Bersama

Mari Berkebun Bersama

EKA_7680 EKA_7082 EKA_7430 EKA_7095 EKA_7255 EKA_7338 EKA_7395

Di Desa Kampung Yaro Makmur program ini melibatkan sekolah taman kanak-kanak. Inisiatif guru-guru TK Pelangi Satu Atap Mama Maritje Tamara bersama rekan Tince Buntu Bulawan dan Martine Makai untuk berkebun telah menghasilkan makanan sehat untuk anak-anak setiap hari Jumat. Setiap minggu mereka membuat menu yang berbeda. Menu itu seperti ubi rebus atau bakar, makanan ringan dari ubi dan bubur yang sarat dengan sayur mayur. Menurut Ibu Tamara sekarang anak-anak tampak sehat, sudah tidak pucat dan lesu lagi.

Menu yang disediakan ketika Oxfam dan mitra berkunjung adalah Bubur Manado.  Seperti kita tahu bubur nasi yang sarat dengan sayur mayur itu tampak sehat dan segar. Bubur itu tentunya disiapkan bagi anak-anak TK Pelangi Satu Atap. Upayanya membuat anak-anak sehat dan cerdas melalui pangan lokal dari kebun mereka sendiri yang ditanam dengan cara mudah dan murah.  Sebelum makan Tince Buntu Bulawan seorang guru TK Pelangi Satu Atap, yang juga Kader Ketahanan Pangan mencuci tangan anak-anak sebelum sarapan bersama di kelas mereka. Setelah itu murid-murid TK Pelangi Satu Atap berdoa sebelum menyantap makanan bergizi yang disiapkan oleh guru-guru mereka. Sdorang murid tampak sudah menghabiskan porsi bubur dalam kegiatan makan bersama di sekolahnya. Bahan makanan seperti sayuran sawi, terung dan kacang-kacangan, jagung dan ubi ini disiapkan dari hasil kebun bersama guru-guru dan wali murid sekolah itu.

(Teks: Cici Riesmasari/Foto Courtesy Oxfam).

Sorry, comments for this entry are closed at this time.